Resensi Novel di atas Waktu Aku Menemukanmu

I. Identitas Buku

Judul                           : di atas Waktu Aku Menemukanmu

Penulis                         : Mitha Juniar & Ana Sastravel

Penerbit                       : Zettu, Jakarta

Tahun Terbit               : 2013

Jumlah Halaman         : 284 Halaman

Image

II. KEPENGARANGAN

            Mitha Juniar, lahir di bekasi 22 Juni 1992. Gadis yang akrab dipanggil Thata bekerja di sebuah perusahaan swasta di daerah Jakarta Pusat. Thata sudah mulai menggemari dunia tulis menulis sejak duduk di bangku SD, namun sempat fakum dan kembali menulis saat lulus SMK.

            Ana Sastravel adalahnama pena dari nama lengkap Nurul Fajriyatul Hasanah. Lahir di Kota Sumenep-Madura tanggal 7 Juli 1994. Penulis berkacamata ini tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi di Universitas Wiraraja Sumenep. Menyukai dunia sastra sejak kelas enam SD, namun baru bergbung dalam dunia kepenulisan sejak Januari 2012. Saat ini telah menghasilkan 15 buku antologi.

III. Sinopsis

    Novel ini menceritakan seorang ibu ingin anaknya menikah di usia 20 tahun. Anak ini bernama Clara. Jika Clara tidak menikah di usia 20 tahun, dia akan mati muda. ibu Clara bercerita mengenai kutukan yang menimpa Oma Buyut ibu kepada Clara. ketika Oma Buyut ibu masih muda, Oma Buyut pernah menyakiti hati seorang pemuda dengan menolak cintanya secara sadis. Oma Buyut selalu sakit-sakitan di umur 19 tahun. Pada zaman dahulu orang sakit dibawa ke dukun pintar. Ternyata Oma Buyut mendapat kutukan. Jika Oma Buyut tidak menikah di umur 20 tahun, Oma Buyut akan meninggal satu tahun setelahnya yaitu 21 tahun. Begitupun dengan keturunannya, kecuali Oma Buyut menikah dengan Darso itu, si pengirim kutukan.  Ruri adalah adik sepupu Clara. Dia sering mengenalkan teman laki-laki kepada Clara. laki-laki yang dikenalkan Ruri yaitu pekerja Sales, kutu buku, tukang bakso dan orang kaya. ibu Clara mengenalkan anak teman ibunya sewaktu SMA bernama Bima. Clara tidak cocok dengan semua laki-laki itu.

    Pada suatu hari ada seorang anak laki-laki yang umurnya sudah cukup matang. laki-laki itu bernama Calvin. Opa Calvin ingin Calvin cepat menikah. Berjalannya waktu Calvin bertemu dengan Clara. Akhirnya, Clara menikah di hari ulang tahun Clara.  Clara tinggal di rumah Calvin. Clara menemukan secarik kertas surat dari dalam kotak. Ternyata, kutukan 20 tahun itu ibu Clara yang membuat dan tidak pernah ada. Ibu Clara mengidap kanker serviks. Ibu Clara mengatakan bahwa laki-laki yang bersama Clara kini dapat menjaga Clara.

IV. Kelebihan  Novel

    Penulisan sederhana dan mudah dimengerti. Cerita ini memiliki pesan tidak tersirat yaitu ibu Clara ingin Clara menikah sebelum ibunya meninggal agar suami Clara dapat menjaga Clara. novel ini mengajarkan seorang anak yang patuh kepada orang tua.

V. Kekurangan Novel

    Menurut saya, beberapa cerita bersifat monoton. Asal mula Opa Calvin kenal dengan Clara tidak dijelaskan dalam novel.

VI. Saran

    Novel ini cocok dibaca oleh remaja. penulisannya mudah dimengerti. novel ini mengajarkan anak muda untuk tetap berjuang menghadapi masalah apapun.

silahkan klik resensi buku selanjutnya : ajrin syarafina , andari , amadea

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment